Krisis energi yang semakin dirasakan oleh masyarakat dunia akibat pemakaiannya yang terus meningkat, menjadi keprihatinan para pakar di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta sehingga pada tahun 1997 berbekal semangat mencari solusi semakin berkurangnya cadangan minyak bumi, pasokan listrik dan sumber daya alam lainnya, berdirilah Pusat Studi Energi (PSE-UGM).

Diusianya yang sudah lebih dari satu dekade, banyak kegiatan pendidikan, penelitian, pelayanan masyarakat maupun teknologi aplikasi telah dilaksanakan. Beberapa BUMN, Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah, Lembaga Penelitian maupunĀ  Perguruan Tinggi telah menjadi mitra dalam menyelesaikan problem energi. Dengan berbekal pengalaman tersebut, di bidang energi tidak terbarukan PSE-UGM menawarkan beberapa kajian untuk mengoptimalkan potensi minyak dan gas bumi agar cadangan yang ada di Indonesia dapat lebih lama dieksplorasi. PSE-UGM juga menawarkan kepada pemerintah daerah untuk bersama-sama mencari solusi ketidak seimbangan pasokan-kebutuhan listrik dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan di daerah setempat.

Selain itu, PSE-UGM juga mempunyai komitmen membantu mengoptimalkan pemakaian energi di industri, khususnya terkait langkah konservasi agar konsumsi energi dapat ditekan sekecil mungkin. Terkait dengan itu, PSE-UGM menawarkan training bagi engineer dan operator dari industri dengan beberapa topik yang terkait manajemen energi termal dan listrik.

Di bidang pengembangan software, PSE-UGM telah berhasil mengembangkan sistim informasi, advanced seismic processing untuk eksplorasi minyak bumi, dan pengembangan remastering data seismik di beberapa BUMN. Untuk aplikasi industri, PSE-UGM telah berhasil melakukan invensi OTS (operator training simulator) dan telah diaplikasikan di salah satu industri kimia berskala besar. Untuk itu PSE-UGM ingin menjadi mitra didalam pengembangan software aplikasi tersebut.

Akhirnya kami berharap, dengan informasi singkat ini bisa lebih mendekatkan hubungan kerjasama antara PSE-UGM dengan mitra baik di lingkungan perguruan tinggi, pemerintah daerah, perusahaan swasta maupun BUMN. Kami ingin menjadi partner dalam menyelesaikan problem energi.

38ugm

Kepala PSE-UGM

Dr. Deendarlianto